Kamis, 05 Januari 2012

Aplikasi Sistem Berbasis Pengetahuan - Games Akinator


Aplikasi Sistem Berbasis Pengetahuan

Ternyata sistem berbasis pengetahuan dapat juga digunakan sebagai hiburan yang cukup menyenangkan. Salah satu aplikasi dari sistem berbasis pengetahuan tersebut adalah permainan atau games.

Games yang akan kami ulas disini merupakan salah satu games berbasis web yang dalam perancangannya menggunakan database yang dimasukkan kedalam program flash player. Sehingga, ketika user ingin memainkan games ini, user tersebut harus menginstall program flash player terlebih dahulu yang dapat di download di web www.adobe.com . Untuk memainkan games ini, user hanya tinggal menuju ke halaman web http://en.akinator.com/.

Untuk memainkan games ini, user harus melewati langkah-langkah berikut:

  1. User menuju ke halaman web http://en.akinator.com/. Kemudian akan tampil halaman muka dari games.

  1. Kemudian klik label ”Play” untuk memulai permainan. Kemudian akan muncul tampilan yang akan meminta user untuk memasukkan nama, umur dan gender user.
  1. Setelah user selesai memasukkan semua data, klik ”Play”.
  2. Kemudian user akan disuguhkan dengan beberapa pertanyaan yang bersifat multiple-choice yang wajib dijawab user sesuai dengan karakter yang user pikirkan.

5. Seperti pada gambar diatas, terdapat 5 buah jawaban multiple-choice yang disuguhkan, yaitu “Yes”, “Probably Partially”, “I Don’t Know”, “Probably Not Really” dan “No”. Jawaban-jawaban tersebut harus dijawab dengan benar sesuai dengan pertanyaan yang diajukan.

6. User cukup menjawab multiple-choice sehingga sistem akan membangkitkan rule sesuai dengan kebutuhannya.

7. Ketika sampai pada tahap kesimpulan, sistem akan menebak. Dan sistem akan menampilkan karakter yang sebelumnya telah user pikirkan tadi.

8. Jika jawaban yang ditampilkan salah, maka sistem akan mengaktifkan rule baru sekaligus menyimpan kegagalannya menjadi fakta baru ke dalam sistemnya.

9. Ketika seluruh jawaban gagal, akan ditampilkan form dimana user bisa memasukkan karakter yang sebenarnya. Dengan demikian sistem akan kembali memperoleh pengetahuan baru dan akan semakin memperkaya pengetahuan yang sudah dimiliki. Singkat kata, makin sering game dimainkan sistem akan semakin pintar. Dan user sekaligus berperan sebagai knowledge source bagi sistem.


Kesimpulan

Inilah suatu bukti, ketika kreativitas dapat dicapai, suatu teknologi dapat dijadikan menjadi sebuah hal yang menarik. Selama ini yang sering kita lihat, penggunaan sistem berbasis pengetahuan hanya sebatas pada penggunaan area medis dan hal-hal yang rumit. Tapi, games akinator ini memberikan bukti bahwa SBP dapat menghibur kita juga.

1 komentar: