Selasa, 04 Januari 2011

FENOMENA MULTIMEDIA

Multimedia dan bahasa mempunyai peran penting dalam suatu proses pembelajaran. Misalnya, dalam pembelajaran ilmiah di perguruan tinggi, multimedia dan bahasa sangat berperan bagi kemajuan pola pikir mahasiswa. Bahasa berperan penting dalam upaya pengembangan dan penyebarluasan ilmu, sedangkan multimedia mendatangkan banyak manfaat bagi proses pembelajaran ilmiah, antara lain proses pembelajaran lebih menarik, lebih interaktif, jumlah waktu mengajar dapat dikurangi, serta kualitas belajar mahasiswa dapat ditingkatkan.
Dengan berkembangnya teknologi yang ada, perkembangan multimedia pun semakin maju. Hal ini disebabkan semakin beraneka ragamnya kebutuhan manusia akan multimedia. Multimedia berkembang hampir disemua bidang. Dalam bidang pendidikan saat ini, multimedia sangat bermanfaat dalam penyampaian bahan pelajaran. Dalam bidang kesehatan, kini telah tercipta alat-alat medis kedokteran yang sangat canggih untuk mengetahui kondisi tubuh pasien.
Perkembangan multimedia tersebut memberikan dampak yang beragam, baik itu dampak yang positif maupun negatif. Dampak positifnya, multimedia memberikan manfaat hampir disemua bidang. Namun, meskipun multimedia tersebut sangat banyak memberikan manfaat, multimedia juga mempunyai dampak negatif. Salah satu dampak negatifnya adalah multimedia dalam bentuk gambar atau video yang mengandung pornografi dan kekerasan, dapat mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.
Perkembangan teknologi multimedia membuka potensi besar dalam perubahan cara belajar. Dengan semakin berkembangnya teknologi multimedia tersebut, diharapkan masyarakat dapat lebih mudah untuk menyerap informasi yang disampaikan secara cepat dan efisien. Apalagi dengan adanya jaringan internet yang sangat berguna untuk mendapatkan informasi yang diperlukan. Tapi, kita juga harus pintar-pintar dalam menyerap informasi tersebut agar kita tidak salah jalan.

Oleh : Astrid Yanliatri, 20108351, 3KB01, Universitas Gunadarma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar